Saturday, August 6, 2016

INFRASTRUKTUR DESA BANRA'AS

INFRASTRUKTUR
Bangunan Sekolah/ Madrasah
Di desa Banraas terdapat tujuh sekolah/ madrasah yakni Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Dasar (SD), Marasah Ibtidaiyah (MI).Untuk tata letak sekolah madrasah letaknya berjauhan. Dari semua bangunan sekolah tersebut kondisinya baik bisa dibilang menegah kebawah untuk prasarana msih minim seperti halnya ruang lab computer di seluruh tingkatan sekolah masih belum tersedia, hal itu terkendala dengan saluran listrik PLN belum masuk ke dessa Banraas.
   
     

Bangunan Masjid
Desa Banraas memiliki dua bangunan masjid yang digunakan sebagai tempat beribadah baik siang maupun malam. Kegiatan beribadah baik meliputi sholat maupun ngaji untuk anak-anak dan orang dewasa.





Balai Desa
Desa Banraas memiliki bangunan balai desa yang layak untuk digunakan, bangunan balai desa sangat kokoh dan memiliki lingkungan yang bersih dan asrih.Untuk berkas-berkas, perlengkapan pemerintahan desa, serta urusan administrasi lainnya berada di tempat tersebut. Masyarakat yang mepunyai keperluan yang berhubungan dengan desa ataupun kepala desa bisa langsung ke rumah kepala desa ataupun bisa langsung dilayani di balai desa Banraas.
Jalan Raya
Prasarana jalan raya/ jalan utama di desa Banraas cukup baik sepanjang jalan di desa Banraas ini masih menggunakan material paving bukan dari aspal, sedangkan jalan untuk menuju setiap dusun dibangun menggunakan semen namun keadaan jalan yang menuju dusun sudah tidak layak untuk digunakan, dikarenakan banyak terdapat lubang di sepanjang jalan.
Selain itu di sepanjang jalan belum difasilitasi dengan lampu jalan, sehingga pada saat malam hari tidak ada penerangan lampu jalan hal tersebut memicu terjadinya kecelakaan. Selain itu di pinggir jalan tidak dibangun saluran air sehingga pada saat musim hujan jalan raya sering terdapat genangan air hal tersebut menyulitkan warga desa untuk melintasi jalan raya tersebut.




Sarana Kesehatan
Sarana kesehatan di Desa Banraasan bisa terbilang sangatlah minim hal tersebut dikarenakan di desa ini belum tersedia fasilitas rumah sakit maupun puskesmas, warga setempat hanya mengandalkan bidan desa di desa Banraas hanya terdapat beberapa bidan desa, jika masyarakat setempat membutuhkan pelayanan rumah sakit mereka harus keluar pulau menuj ke dungkek untuk mendapatkan pelayanan medis. Mayoritas penduduk setempat masih menggandalkan Tabib dan obat tradisional, namun seling hari ada juga petugas puskesmas yang dating ke desa untuk menyediakan fasilitas pengobatan gratis.
 













Sumber Air Bersih
Sumber air bersih di desa Banraas yaitu langsung dari sumur di desa ini ada dua jenis sumur yang pertama sumur ini menghasilkan air payau dan juga ada yang menghasilkan air tawar. Desa Banraas ini memiliki sumber yang bagus dalam mendapatkan air. Hampir setiap rumah memiliki fasilitas air bersih atau sumur tersendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Untuk kegiatan mandi, cuci kakus. Masyarakat menggunakan sumber air sumur payau unuk kegiatan onsumsi masyarakat setempat menggunakan air tawar. Masyarakat setempat tidak kesulitan untuk mendapatkan air tawar karena ada beberapa orang yang berkeiing desa unuk menjual air tawar, satu cirigen besar mereka membandrol harga sebesar Rp 1500.


0 comments:

Post a Comment